Kami tunggu kreasi dan inspirasi Anda di farislasem@gmail.com

Kamis, 29 April 2010

Sikap Optimistis adalah Cermin Pribadi seorang Muslim

Oleh : Yuyu Yulia/IPB

”Janganlah kamu bersikap lemah (pesimis), dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamu adalah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (Ali Imran(3) :139)

Optimistis adalah suatu sikap yang selalu berpengharapan (berpandangan) baik dalam menghadapi segala hal. Optimis adalah lawan kata dari putus asa. Putus asa timbul karena tiada kemauan hati dan raga untuk mencari dan meyakini rahmat Allah. Sikap optimistis merupakan kebutuhan pokok yang sangat diperlukan oleh orang yang menempuh jalan Allah, yang seandainya dia meninggalkannya walaupun sekejap, maka akan luput atau hampir luput. Optimisme timbul dari rasa gembira dengan kemurahan Allah dan karunia-Nya serta perasaan lega menanti kemurahan dan anugerah-Nya karena percaya akan kemurahan Tuhannya.
Orang yang mempunyai sikap optimistis ialah orang yang mempunyai kelestarian dalam menjalankan ketaatan dan menegakkan semua yang dituntut oleh keimanannya. Dia berharap agar Allah tidak memalingkannya, menerima amalnya, dan tidak menolaknya, serta melipatgandakan pahala-Nya. “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami ialah Allah, ‘kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”
(Q.S.Fushshilat (41):30)Dan sesungguhnya orang yang optimistis itu ingin mencari kebaikan dan ingin terhindar dari keburukan, sementara tiada yang dapat mendatangkan kebaikan, kecuali hanya Allah dan tiada yang dapat melenyapkan keburukan, kecuali hanya Allah. Allah telah berfirman: “Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya, kecuali Dia; dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya”(Q.S.Yunus (10):107) “Apa saja yang Allah anugrahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya, dan apa saja yang ditahan oleh Allah, maka tidak ada seorang pun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu “(QS. Faathir(35):2) Sebaliknya orang yang bersikap pesimis sering kali merasa bimbang apabila menghadapi permasalahan hidup, terkadang kebimbangan itu menjadi sebuah kekhawatiran yang mendalam yang akhirnya berujung kepada sikap tidak percaya diri, mudah menyalahkan sesuatu, bahkan terkadang tak jarang kita bertanya “ Apakah Allah adil ngga sama kita” ?….
Pada saat hati mulai bimbang, maka satu satunya obat yang mujarab adalah kembalikan urusan kepada Allah. Kepunyaan Allahlah segala yang ada di langit dan di bumi; dan kepada Allahlah dikembalikan segala urusan. (Ali-Imran (03):109).
Perbanyak kualitas ibadah, perbanyak istighfar (mohon ampun) kepada Allah, lalu mengambil hikmah dalam setiap masalah atau kejadian adalah salah satu cara untuk mengurangi bahkan merubah pandangan pesimis kita menjadi energi optimis.
Jangan lupa untuk selalu berdekatan dengan orang orang shalih, dan mintalah nasihat kepada mereka, serta jangan merasa berkecil hati apabila banyak teman atau sahabat yang menegur dan mengingatkan kita, karena apabila masih ada orang yang mau menegur atau memberikan peringatan kepada kita, maka kita adalah orang yang beruntung karena masih ada kawan yang masih mengingatkan. Contoh nyata dalam peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim AS. untuk melaksanakan perintah Allah SWT menyembelih putranya tercinta Ismail adalah potret sejati seorang mu’min yang mempunyai kekuatan tawakal dan kepercayaan yang amat tinggi terhadap keputusan dan kekuatan pencipta-Nya. Itulah harapan dari ajaran Islam agar manusia selalu bisa menempatkan sikap berfikir positif kepada Allah SWT di dalam diri dan optimis dalam melaksanakan perintah ajaran-Nya. Kepercayaan akan hal ini dalam pandangan Islam dikenal sebagai rasa tawakal. Semakin kuat kepercayaan ini, maka akan mempertebal sikap tawakal, dan akhirnya rasa optimis dalam diri semakin bertambah.
Optimisme selalu dibarengi dengan tawakkal, karena sesungguhnya orang yang bertawakkal mendambakan apa yang diharapkannya, yaitu berupaya meraih hal yang berguna dan menghindarkan diri dari bahaya, sementara tawakkal tidak boleh selain hanya kepada Allah. “Dan hanya kepada Allah saja orang-orang yang bertawakkal itu berserah diri” (Q.S.Ibrahim(14):12) Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. (AtThalaaq (65):03) Optimis memang berawal dari rasa tawakal kita. Rasa optimis haruslah mengalahkan pesimis yang bisa jadi menyelinap dalam hati. Untuk itulah jika ingin hidup sukses, kita harus bisa membangun rasa optimis dalam diri. Optimis yang dihasilkan dari rasa tawakal inilah yang menjadikan Rasulullah SAW beserta sahabat mampu memenangkan peperangan yang tercatat dalam sejarah dunia mulai dari perang Badar hingga peperangan di masa kekhalifan Islam sampai berabad-abad lamanya.
Karena itu, optimisme adalah kemampuan untuk percaya bahwa hidup memang tidak mudah, tetapi dengan upaya baru, hidup akan menjadi lebih baik. Optimisme adalah kemampuan melihat sisi terang kehidupan dan memelihara sikap positif yang realistik, bahkan dalam situasi sulit sekalipun. Optimis berarti berusaha semaksimal mungkin dalam mencapai target atau standart yang ideal. Dan bukan berarti kita nantinya dikatakan idealis. Memang tidak ada manusia yang sempurna. Dan kenyataannya memang tidak semuanya bisa sesuai dengan harapan kita. Tapi sejauh mana dan sekeras apa kita berusaha mencapainya. Adanya profil-profil ideal dan visi misi yang jelas bisa menjadi tolok ukur dan memperjelas arah tujuan kita, dan kita hidup tidak sekedar mengalir begitu saja. Dengan adanya standar kemampuan, kita bisa mengetahui posisi kita dimana dalam standar tersebut dan bisa terpacu untuk lebih baik lagi. Untuk itu janganlah kita menjadi seorang muslim yang under ustimate, melemahkan potensi diri dan merasa cukup “biasa saja”. Apakah kita tidak ingin menjadi generasi unggulan ? Apakah kita cukup mengatakan “Ah, tidak usah ikut-ikutan ngaji, yang penting sholat, puasa, sudah cukup”. Atau “Ah, tidak usah ikut-ikutan dakwah, sudah banyak dai, yang penting ikut talbiyah sudah cukup” dsb. Ada beberapa hal yang perlu kita amalkan agar sikap optimisme terwujud dalam hati kita:
 Hendaknya kita selalu mengingat nikmat-nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita berkenaan dengan urusan agama, kesehatan, dan juga urusan dunia kita.
 Hendaknya kita senantiasa mengingat janji Allah berupa pahala-Nya yang berlimpah dan kemurahan-Nya yang besar.

Hendaknya kita senantiasa mengingat luasnya rahmat Allah, dan bahwa rahmat Allah itu senantiasa mendahului murka-Nya. Optimislah dalam hidup, sebab dengan optimis hidup ini akan menjadi indah…: tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir” (YUSUF:87). Ibrahim berkata: “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat”. (Al-Hijr(15):56).

Wa billahit taufiq wal hidaayah, wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Sikap Optimistis adalah Cermin Pribadi seorang Muslim"

Anonim mengatakan...

seharusnya memang beginilah sikap seorang muslim, tidak memandang kiai, ustadz, maupun guru, sikap optimis dan realistis, yg senantiasa menjaga akhlakul karimah

Posting Komentar